- water birth - Senin, 15 Februari 2010

Dulu, ketika saya masih kerja di tempat spa, sekitar dua tahun yang lalu, saya banyak dapat informasi mengenai water birth.. mengenai ini dan itu.. Yang saya sangat perhatikan itu manfaatnya yah... terutama sekali, pain relief. Karena saya sadar, sebagai wanita, sooner or later, saya pasti akan menikah walaupun saat ini aja blon punya cowok, padahal udah mendekati umurnya, kemudian akan hamil dan melahirkan. Ya... saya takut melahirkan. Basically, saya takut sakit. Saya aja lecet sedikit aja rewel.. apalagi melahirkan. (jadi inget si mamah yang repot repot ngelahirin saya ke dunia, maaf ya mamah, ninit banyak dosa..)



Karena saya parno.. akhirnya sekarang saya googling sana sini.. Dan nanti ketika akan melahirkan.. saya akan menggunakan proses water birth ini.. oke. What's so special about this water birth?


Ada dua macam water birth. Pertama : Water Birth Murni yaitu si calon mami masuk ke kolam persalinan setelah mengalami pembukaan 6 sampai proses melahirkan terjadi. Kedua : Water birth emulsion yaitu calon mami hanya berada di dalam kolam hingga masa kontraksi akhir. Proses melahirkan tetap dilakukan di tempat tidur.


Proses melahirkannya dilakukan di dalam kolam yang berisi air hangat bersuhu 36-37 *C atau kurang lebih sama dengan suhu di dalam rahim. Pada pembukaan ke lima atau ke enam, si mami masuk ke dalam kolam. Proses dari masuk ke kolam sampai dengan melahirkan memakan waktu kira-kira 1,5 – 2 jam. Menurut dokter Otamar, dokter yang pertama kali melakukan proses water birth di Indonesia "Pada prinsipnya melahirkan di air sama saja dengan melahirkan normal, yang membedakan hanya medianya.”



Terus pasti para mami khawatir deh.. gimana dong anak kita.. ga bisa napas dong pas melahirkan. Hmm.. menurut situs ini Para mami tidak usah khawatir karena jika mengingat teori di balik melahirkan di air adalah bayi berada di dalam cairan amniotik yang nyaman di rahim selama 9 bulan dan melahirkan dalam lingkungan yang kurang lebih sama dengan di rahim membuat bayi nyaman seolah-olah masih di habitatnya, dan barulah ia menangis saat dikeluarkan dari kolam hangat tersebut.



Keuntungan buat sang mami : mami akan lebih merasa rileks, karena semua otot yang berhubungan dengan persalinan menjadi elastis. Membantu proses mengejan, jadi rasa mulas tidak begitu terasa, rasanya hanya seperti ingin pup, suhu air yang hangat membuat sirkulasi pembuluh darah lebih baik sehingga kontraksi lebih mudah dan mulut rahim menjadi lembek dan mudah dibuka. Bahkan untuk beberapa kasus, mulut rahim tidak perlu dijahit lagi karena tidak robek.
Keuntungan buat sang baby : resiko cedera kepala bayi lebih kecil, Peredaran darah bayi akan lebih baik, sehingga tubuh bayi akan cepat memerah setelah dilahirkan



Mengenai resiko, kata dokter Otomar, “melahirkan di air resikonya hampir sama dengan melahirkan normal tetapi ADA batasan-batasan dan pertimbangan medis seperti panggul tidak cukup besar, bayi lahir sungsang atau melintang, ibu yang sedang dalam perawatan medis, penyakit herpes dan lain-lain.” oh ya.. mengenai harga.. ternyata mahal ya melahirkan di dalam air ini.. dari 8 jeti sampe 14 jeti



Duh... am I worry to much? Dunno... Melahirkan pasti sakit lah ya, pasti penuh perjuangan lah ya.. makanya kita harus menghotmati mamih. Umm.. Tapi pokoknya klo ga ada aral melintang, saya nanti kalo melahirkan menggunakan water birth.. SO yang nanti jadi suami saya.. siapin budget buat water birth ya.. *winks winks* Unless you can do something about this.. hehehe



Sumber saya comot dari sini dan sini

Label: , ,


16 Comments:

At 15 Februari 2010 14.59, OpenID presyprezl bilang

hahahhaaha.. udah mikirin ngelahirin aja si nit, hamil belum, nikah belum, punya pacar belum *uups*

tapi oke koq itu, jadi? pilih warter birth yg pertama atau yg kedua nit?

 
At 15 Februari 2010 15.01, Anonymous tips & trik hp bilang

nempatin pertamax duluah.....

 
At 15 Februari 2010 17.16, OpenID hellgalicious bilang

waaah ini kak ninit yg di plurk itu kan?


oooooo
tks udh maen di blog aku.
hahahaha


cakep juga ihh!

 
At 16 Februari 2010 12.53, Anonymous darahbiroe bilang

lha terus sekarang udah melahirkan belum nuye hahahahah


berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasihhh :D

 
At 18 Februari 2010 13.51, Anonymous ridu bilang

oh ya ampun.. terus nanti airnya jadi merah2 gitu donk wkwk :p

 
At 24 Februari 2010 16.03, Anonymous bukan detikcom bilang

Istri saya ajah yang lahirnya normal (dan tanpa water birth)...udah lupa sakitnya...dua menit sesudah anak saya lahir. Dan istri saya selalu bilang:

"Aku aja yang merasakan mules, sakit sampai pol...kadang-kadang masih kurang sabar menghadapi anak kita yang bandel atau rewel...gimana yang sudah mengurangi rasa sakitnya melahirkan? Apa yang bisa diinget waktu mau marahin si anak? Inget gimana mulesnya, gimana sakitnya (yang sebenernya gak seberapa itu), bisa bikin kita lebih tenang menghadapi si anak"

Itu sih kata istri saya. KAlo saya sendiri ndak tahu :D

 
At 25 Februari 2010 14.28, Blogger KiMi bilang

aku pernah dengar soal water birth ini. yah setidaknya di jaman sekarang banyak pilihan cara melahirkan, selain melahirkan secara normal. :)

 
At 26 Februari 2010 16.12, Blogger Puput bilang

ud pengen gendong baby ya nee :D

 
At 2 Maret 2010 14.54, Blogger kenyo bilang

wah pernah liat di tipi tuh kak... katanya lebih natural...menyatu dengan alam... airnya air hangat...

 
At 4 Maret 2010 20.18, Anonymous mbelgedez™ bilang

.
Kawin yuk...???

Ntar sayah siyapin duid buat nglahirin anak model gitu deh...
;)

 
At 6 Maret 2010 07.44, Anonymous iwan bilang

wah udah pengen punya momongan nih :)
salam kenal mbak :)

 
At 7 Maret 2010 14.24, Blogger deadyrizky bilang

wah
kalo saya terlahir normal euy
ga pake waterbirth"an

 
At 7 Maret 2010 23.07, Anonymous ario saja bilang

katanya normal lebih manteb dari pada operasi

 
At 15 Maret 2010 14.33, Blogger Benazio R.P bilang

sejujurnya aku tidak tau pekerjaan mu itu ganti2 apa aja sih dari dulu dulu .. sekarang apa. hahahaa..

kayanya nanti kita mulai lagi perkenalan sama yang laennya mulai dari awal lagi hohoho..

ayo posting lagi~

 
At 19 April 2010 17.35, Anonymous komuter bilang

hamil dulu baru melahirkan.......
jangan lupa menikah

 
At 6 Mei 2010 23.17, Blogger job bilang

徵信社,尋人,偵探,偵探社,徵才,私家偵探,徵信,徵信社,徵信公司,抓猴,出軌,婚姻,劈腿,感情,第三者,婚外情,一夜情,小老婆,外遇,商標,市場調查,公平交易法,抓姦,債務,債務協商,應收帳款,詐欺,離婚,監護權,法律諮詢,法律常識,離婚諮詢,錄音,找人,追蹤器,GPS,徵信,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信,徵信社,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信,徵信社,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信,徵信社,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信社

 

Posting Komentar

<< Home

Dibawah ini adalah wajah Ninit yang menggemaskan

uy uy uy
Add me on friendster!!