- Cara Kita Belajar - Rabu, 10 September 2008

Diem nih... gw lagi mau serius nulis....


Ceritanya gini yah... gw lagi chatting sama temen... Dia mau brb dulu, gara-gara dia mau baca buku. Nah... Setelah baca buku... gw tanya.. dia abis baca buku apaan... terus... dia kasih tau buku apa yang lagi dia baca.. terus dia bilang.. buku supaya kita tahu cara belajar kita gimana. Dia dengan baik hatinya menulis dengan cara mengetik di handphonenya.. ciri-cirinya... udah gitu ga sengaja ke kirim ke room lain. Dan di hp, klo lagi masuk chat room kan ga bisa di copy paste.... makasih banyak yah x13x


soo.. the first type is visual:
teliti terhadap detail, mementingkan penampilan (baik dalam hal pakaian maupun prestasi), pengeja yg baik (dan dapat melihat kata-kata yang sebenernya dalam pikiran), mengingat apa yg dilihat daripada yg didengar, mengingat dengan asosiasi visual, pembaca cepat dan tekun, membutuhkan pandangan dan tujuan yang menyeluruh; rapi dan teratur; berbicara dengan cepat; perencana dan pengatur jangka panjang yang baik.

mengingat apa yang dilihat daripada yang didengar; biasanya tidak terganggu oleh keributan; mempunyai masalah untuk mengingat
instruksi verbal kecuali jika ditulis dan seringkali minta bantuan orang untuk mengulang

pembaca cepat & tekun, lebih suka membaca daripada dibacakan; membutuhkan pandangan dan tujuan yang menyeluruh & bersikap waspada sebelum secara mental merasa
pasti tentang suatu masalah atau proyek; mencorat-coret tanpa arti selama berbicara di telephone atau rapat.


Gw akuin.. gw orangnya agak selebor (klo orang yang kenal gw, pasti anggap gw selebor. Jadi pastinya gw ga mungkin teliti terhadap details lah ya... Mementingkan penampilan, klo untuk pakaian... gw ga gitu sih... malah terbilang cuek, tapi klo untuk prestasi... ya... saya memang selalu ingin punya prestasi dalam suatu bidang (walaupun tidak selalu tercapai.), saya memang pengeca yang baik.. jika menulis tulisan tangan, tapi klo mengetik tidak terlalu.. karena terkadang banyak kata-kata yang saya lewatkan. Mengingat yang di lihat daripada di dengar... ga juga sih... berbanding seimbang lah ini. Saya memang pembaca yang cepat dan klo bicara super cepat (hahaha.... pasti ini pada setuju...), yah... memang saya sangat membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Karena saya ini gampang buyar. Perencana dan pengatur jangka panjang yang baik memang iya, tapi... tidak pada pelaksanaannya.. hehehe



tipe kedua adalah auditorial:
berbicara kepada diri sendiri ketika bekerja, mudah terganggu keributan, menggerakkan bibir dan mengucapkan tulisan di buku ketika membaca, senang membaca
dengan keras dan mendengarkan, dapat mengulang kembali dan menirukan nada, birama dan warna

merasa kesulitan dalam menulis tetapi hebat dalam bercerita, berbicara dalam irama yang terpola, biasanya pembicara yang fasih, lebih suka musik daripada seni
visual, belajar dengan mendngarkan dan mengingat hal yg didiskusikan daripada yang dilihat

suka berbicara,berdiskusi dan menjelaskan sesuatu panjang lebar, mempunyai masalah degan pekerjaan2 yang melibatkan visualisasi, seperti memotong bagian-bagian hingga
sesuai satu sama lain; lebih pandai mengeja dengan keras daripada menuliskanya, lebih suka gurauan lisan daripada membaca komik.


yah... saya suka berbicara kepada diri sendiri ketika bekerja, mudah terganggu keributan, makanya gw suka banget belajar pada saat malam hari. Misalnya itu kerjaan apa gitu.. menghafal, buat pr (dulu waktu gw masih muda), menulis, baca apapun, enaknya malam. Soalnya hening... sunyi.. senyap... Terus aku juga senang membaca dengan keras dan juga suka mendengarkan dosen ketika menerangkan suatu materi. Biasanya klo saya sering mendengarkan dosen berceloteh di kelas, untuk ujian saya lebih merasa nyambung. Saya ini tidak begitu bisa mengulang nada atau birama yang bau saja saya dengar. Saya suka berbicara, berdiskusi panjang lebar, jika yang saya ajak diskusi itu pengetahuannya selevel dengan saya, kalau dia lebih pintar, saya lebih banyak diam, klo dia banyak tidak tahu, saya lebih baik diam, karena saya tidak bisa menerangkan panjang lebar. Saya juga klo belaja dengan berdiskusi, jadi lebih ingat. Sama lah perbandingannya ketika dengan membaca. Klo menghafasl, saya juga harus membaca keras-keras agar lebih bisa inga. Dan saya lebih suka baca komik daripada gurauan lisan what a geek... heheh



Dan yang ketiga adalah tipe kinestetik;

berbicara dwngn perlahan; menanggapi perhatian fisik; menyentuh orang untk mendapatkan perhatian mereka; berdiri dekat ketika berbicara dengan orang; selalu
berorientasi pada fisik dan selalu bergerak;

mempunyai perkembangan awal otot-otot yang besar; belajar melalui manipulasi dan praktek; menghafal dengan cara berjalan dan melihat; menggunakan jari sebagai
penunjuk ketika membaca; banyak menggunakan isyarat tubuh; tidak dapat duduk diam untuk waktu lama


Kalo yang kinestetik itu bukan aku banget lah ya..



Klo kamu yang mana???

Label: , , ,


2 Comments:

At 15 September 2008 17.45, Blogger Puput bilang

tipe auditorial, kayaknya deh gw

 
At 20 September 2008 15.20, Blogger Rizal bilang

waduw...aku tipe yg mana ya??

 

Posting Komentar

<< Home

Dibawah ini adalah wajah Ninit yang menggemaskan

uy uy uy
Add me on friendster!!