- Deteksi Tumor Sedini Mungkin - Senin, 02 Juni 2008

Seperti disebutkan dalam jurnal terbaru BioMed Central terbitan Breast Cancer Research (BCR), dari sekitar 400 ribu wanita yang melakukan mammograf atau pemeriksaan tumor payudara, didapati perkembangan tumornya bervariasi tergantung kondisi pasien. Yang cukup mengejutkan, secara umum didapati bahwa tumor payudara ini justru akan mengalami perkembangan yang lebih lambat seiring dengan pertambahan usia penderitanya. Penemuan ini bisa menjadi pendekatan baru dalam memperkirakan pertumbuhan tumor payudara sekaligus mengoptimalkan tes mammogram untuk pendeteksian penyakit ini.

Dengan mengetahui kapan tumor tersebut mengalami perkembangan merupakan hal yang amat penting. Karena ini memungkinkan para dokter bisa menentukan program perencanaan dan evaluasi untuk pemeriksaannya, uji klinis dan penelitian epidemiologis.

Namun penelitian yang dilakukan di Norwegia ini tetaplah berpegang pada beberapa prinsip dasar, misalnya seberapa besar ukuran tumor itu saat terdeteksi. Ternyata, dari 395.188 wanita yang berusia 50-69 tahun, perkembangan tumornya ditetukan oleh kondisi masing-masing. Misalnya, 1 daei 20 tumor didapati mengalami perkembangan dua kali lipat (dari 10mm menjadi 20mm) hanya dalam waktu sebulan, waktu yang sama bagi tumore berkembang dalam waktu enam tahun. Para peneliti menyimpulkan, ada implikasi kuat bahwa masalah waktu sangat menentukan sensitivitas screaning kanker payudara.

Harald Weedon-Fekjaer, peneliti dari BCR, menambahkan, hasil deteksi menunjukkan rata-rata 26 persen tumor yang terdeteksi berdiameter 5mm, tetapi meningkat menjadi 91 persen ketika tumor sudah mencapai 10mm.

[Comment : This would be my next to d list then.. the mammograph test..)

Label:


Dibawah ini adalah wajah Ninit yang menggemaskan

uy uy uy
Add me on friendster!!